PENDIDIKAN NONFORMAL PADA PUSAT REHABILITASI SOSIAL ANAK MEMERLUKAN PERLINDUNGAN KHUSUS (Studi Pada Anak Berhadapan dengan Hukum )

Authors

  • Fatmawati Gaffar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31595/inf.v10i1.3350

Keywords:

Nonformal Education, Social Rehabilitation, Children in Conflict with the Law

Abstract

Education is a basic right that must be obtained by every child, including those in conflict with the law. Social rehabilitation centers play an important role in ensuring that these children do not lose access to education. This article discusses the concept of non-formal education, its implementation in social rehabilitation centers, the benefits obtained, and the challenges faced in its implementation. This research uses a qualitative approach with a case study type, data collection is carried out using in-depth interviews and case studies. The research results show that non-formal education in social rehabilitation centers has a significant impact on the development of children's life, social and academic skills.

References

Abbott, S., & Barnett, M. E. 2015. The Crossover Youth Practice Model (CYPM). Center for Juvenile Justice Reform Georgetown University McCourt School of Public Policy.

Abdul Wahab. 2023. Peran Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) Aceh Timur Dalam Pembinaan Bagi Anak yang Terkena Sanksi Pidana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM-FH). Volume VI, Nomor 4. Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh. E-ISSN: 2798-8457

Adi. 2005. Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial: Pengantar Pada Pengertian dan Beberapa Pokok Bahasan. Jakarta: FISIP UI Press.

Amriani, Nurnaningsih. 2012. Penanganan Perkara Anak melalui Konsep Diversi dan Restorative Justice, Majalah Hukum Varia Peradilan Tahun XXVII No.323 Oktober 2012, Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI), Jakarta.

Aironi Zuroida. 2019. Dukungan Keluarga Dalam Proses Rehabilitasi Anak Berhadapan dengan Hukum. Conference on Research & Community Services. ISSN 2686-1259.

Bart Smet. 2000. Psikologi Kesehatan. Jakarta: Gramedia

Chandra, A., Baharuddin, H., & Djanggih, H. 2020. Pelaksanaan Fungsi Kejaksaan Dalam Penerapan Diversi Terhadap Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum. Journal of Lex Generalis (JLG), 1(1), 88-100.

Dirjen Rehabilitasi Sosial. 2021. Pedoman Operasional Asistensi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas. Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial. 2021. Pedoman Operasional Atensi Anak. Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Dubois, Brenda & Karla K. Miley. 2005. Social Work an Empowered Profession. USA: USA. Pearson.

Dwi Hardyanti, dkk. 2023. Efektivitas Pelaksanaan Model Pembinaan Anak Berhadapan dengan Hukum (Individual Treatment Model) Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Maros. Volume 4, Nomor 2. P-ISSN: 2722-1229, E-ISSN: 2722-1288

Ellya Susilowati. 2018. Knowledge and Skills of Social Workers in Handling Children in Conflict with Law in Indonesia. Asian Social Work Journal, Volume 3, Issue 4. e-ISSN : 0128-1577. Journal home page:www.msocialwork.com

Etika Cahya Wulan. 2022. Pusat Pembinaan dan Rehabilitasi Sosial Khusus Anak Berhadapan dengan Hukum di Denpasar. UNDAGI: Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas Warmadewa. Volume 10, Issue 1 p-ISSN 2338-0454 (printed), e-ISSN 2581-2211 (online). https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/undagi/index

Jessica P. Lougheed, dkk. 2024. Associations Between Aregiver-Adolescent Emodiversity and Internalizing Symptoms. Journal of Research. https://doi.org/10.1111/jora.13041. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1111/jora.13041

Kuncoro. 2002. Dukungan Sosial Keluarga Bagi Ibu Hamil. Bandung: Rajawali Press.

Lifiana Tanjung. 2018. Peran Pekerja Sosial Dalam Pendampingan Anak sebagai Saksi Pada Proses Peradilan Pidana di Pengadilan Negeri Klas I A Padang. Vol 1 Issue 2. ISSN Online : 2622-7045 ISSN Cetak : 2654-3605.

Lilik Purwastuti Yudaningsih. 2014. Penanganan Perkara Anak Restorastive Justice. Jurnal Ilmu Hukum. e-ISSN: 2798-8457 | Online Access: https://ojs.unimal.ac.id/jimfh/

M. Alvi Rizki Ilahi, dk. 2020. Pelaksanaan Pidana Pelatihan Kerja Terhadap Anak Pelaku Tindak Pidana. PAMPAS: Journal Of Criminal. Volume 1 Nomor 2. ISSN 2721-8325

Meitasari, A., & Kurniawan, B. 2021. Implementasi Program Rehabilitasi Sosial Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Dinas Sosial Kabupaten Lamongan. Publika, 9(5), 59–74.

Muhammad Kholis Hamdy, dkk. 2023. Proses Intervensi Pada Anak Berhadapan Hukum di Sentra Handayani Jakarta. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial. ISSN: 2620-3367. No. doi: 10.24198/focus.v6i2.47847 .

Nelson, J., Klumparendt, A., Doebler, P., & Ehring, T. 2020. Everyday Emotional dynamics in major depression. Emotion, 20(2), 179–191.https://doi.org/10.1037 /emo00 00541

Okky Cahyo Nugroho, “Peran Balai Pemasyarakatan Pada Sistem Peradilan Pidana Anak ditinjau dalam perspektif HAM, Jurnal HAM, Vol. 8No. 2, Desember 2017.

Papalia, E. D., Olds, S.W., Feldman, R.D. 2009. Human Development (eleventh edition). New York: McGraw-Hill.

Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 26 Tahun 2018 Tentang Rehabilitasi Sosial dan Reintegrasi Sosial Bagi Anak yang Berhadapan Dengan Hukum.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 26 Tahun 2019 Tentang Program Rehabilitasi Sosial Anak

Prasetyo, A. 2020. Perlindungan Hukum Bagi Anak Pelaku Tindak Pidana. Jurnal Ilmu Hukum, 9(1).

Restia, V., & Arifin, R. 2020. Perlindungan hukum bagi anak sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga. Nurani Hukum, 2(1), 23-32.

Sabaruddin, S., Puluhulawa, F. U., & Hamim, U. 2021. Model Pembinaan Anak Yang Berkonflik dengan Hukum dalam Sistem Pemasyarakatan. Philosophia Law Review, 1(2), 104-125.

Sands, A., Van Dijk, M. T., Abraham, E., Yangchen, T., Talati, A., &Weissman, M. M. 2022. The long-term outcomes of prepubertaldepression and internalizing problems: A scoping review. HarvardReview of Psychiatry, 30(3), 163–180. https://doi.org/10.1097 /HRP.00000 00000 000337

Shireman, Joan Foster. 2003. Critical Issues in Child Welfare. New York: Columbia University Press.

Tamher, S. & Noorkasiani. 2009. Kesehatan Usia Lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

U. Dedi, dkk. 2022. Pelaksanaan Rehabilitasi Sosial Terhadap Anak Berhadapan dengan Hukum Oleh Dinas Sosial Propinsi Kalimantan Barat. Nestor: Tanjungpura Journal Of Law. Vol 1 Nomor 1. ISSN: 0216-2091. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/nestor

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1979 Tentang Kesejahteraan Anak.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Undang-Undang Republik Indonesiaa Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan anak

Unwin, Peter & Hogg, Rachel 2012. Effectice Social Work with Children and Families. A Skill Handbook. London. Sage Pubication

Ungar, M., Liebenberg, L. and Ikeda, J. 2014. Young people with complex needs: designing coordinated interventions to promote resilience across child welfare, juvenile corrections, mental health and education services. British Journal of Social Work, 44, 675- 693. http://dx.doi.org/10.1093/bjsw/bcs147

Werner-Seidler, A., Banks, R., Dunn, B. D., & Moulds, M. L. 2013. An in-vestigation of the relationship between positive affect regulation anddepression. Behaviour Research and Therapy, 51(1), 46–56. https://doi.org/10.1016/j.brat.2012.11.001

Willis. 2010. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

10-06-2025

How to Cite

Fatmawati Gaffar. (2025). PENDIDIKAN NONFORMAL PADA PUSAT REHABILITASI SOSIAL ANAK MEMERLUKAN PERLINDUNGAN KHUSUS (Studi Pada Anak Berhadapan dengan Hukum ). Sosio Informa, 10(1). https://doi.org/10.31595/inf.v10i1.3350

Citation Check