DAMPAK SOSIAL BUDAYA TAYANGAN IKLAN KOSMETIKA PADA MEDIA TELEVISI YANG BIAS GENDER
DOI:
https://doi.org/10.33007/inf.v16i2.961Abstract
Televisi adalah salah satu media publik yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Namun demikian, hal ini juga membawa dampak dalam kehidupan manusia, dimana media informasi ini menyebar dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Beberapa tayangan telivisi, melalui iklannya menyajikan beberapa informasi yang berkiatan dengan berita tertentu, pendidikan maupun tayangan yang bersigat hiburan. Televisi mempunyai kelebihan untuk menyajikan siaran secara langsung (live broadcasting) yang dapat mencapai pemirsanya ke seluruh pelosok negeri, bahkan televisi dapat memungkinkan terjadinya diskusi secara langsung, serta mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya termasuk segala sesuatu yang berhubungan dengan komersialisasi, budaya konsumtif, kemewahan serta pujian atas kecantikan, kemewahan karena daya tarik iklan yang ditawarkan kepada pemirsa. Untuk itu kita harus mempunyai startegi yang tepat untuk mengurangi dampak negatif dari aspek sosial budaya yang mempengaruhi masyarakat.
References
Adian, Donny, 2002. "Foucoult dan Moral ; Kembalinya Moral melalui Seks", Basis No. 11-12 tahun ke-52, November-Desember, hal
Ahmed, Akbar S, 1993. Posmodernisme: Bahaya dan Harapan Bagi Islam. Bandung: Mizan
Arivia, Gadis, 2006, Feminsime ; Sebuah Kata Hati, Jakarta: Penerbit Buku Kompas
Amirudin, Mariana, 2010. "Mitos Kecantikan di Media (Sebuah Kritik Feminisme)", dalam Jurnal Perempuan, Edisi 67, hal
Barker, Chris, 2009. Cultural Studeis ; Teori dan Praktek, Yogyakarta :Kreasi Wacana
Baudrillard, Jean P, 2009. Masyarakat Konsumsi (terjemahan Wahyunto). Yogyakarta : Kreasi Wacana
Charles, Nickie, 2000. Feminism, the State, and Social Policy. Palgrave Macmillan
Cecilia, Finstad, 2008. Tubuhku Bukan Milikku ; Prostitusi, Uangdan Cinta,Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Haryatmoko, 2002. "Foucault dan Kekuasaan; Kekuasaan Melahirkan Anti Kekuasaan",dalam Basis, No. 11-12 tahun ke-52, November-Desember , hal
Hatib, Abdul Kadir, 2007. Tangan Kuasa dalam Kelamin, Yogyakarta : Insist Press
Widyatama, Rendra, 2006. Bias Gender dalam Iklan Televisi, Yogyakarta : Media Pressindo
Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).